Pengertian & Perbedaan Organisasi Komputer Dengan Arsitektur Komputer

Pengertian Komputer

žKomputer sebagai sebuah sistem yang berhirarki dan juga komputer dapat dianggap sebagai struktur sejumlah komponen berserta fungsinya yang dijelaskan sebagai fungsi kolektif struktur dan fungsi internalnya.Pengertian Arsitektur & Organisasi

Arsitektur Komputer

Atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Organisasi Komputer

Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional. contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.

Arsitektur & Organisasi

žArsitektur sama, organisasi dapat berbeda, arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi.

contoh : semua Intel famili x86 memiliki arsitektur dasar yang sama, Famili IBM System/370 memiliki arsitektur dasar yang sama, memberikan  compatibilitas instruksi level mesin, organisasi antar versi memiliki perbedaan.

Struktur dan Fungsi

žStruktur adalah bagaimana masing-masing komponen saling berhubungan satu sama lain, fungsi merupakan operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.

FUNGSI

Semua Komputer Memiliki 4 Fungsi :

a. Pengolahan data – Data processing

b. Penyimpanan data – Data storage

c. Pemindahan data – Data movement

d. Kendali – Control

Struktur & Unit Fungsional Dasar Komputer

1

Definisi Unit Fungsional

a. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer

b. Output Device (Alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

c. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

d. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

e. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

f. Data Bus

Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

g. Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

h. Control Bus

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Komputer dilihat dari sudut pandang Fungsi

2

Fungsi – Pemindahan data

3

žContoh: dari keyboard ke layar monitor

FungsiPenyimpanan data

4

žContoh: download dari internet

FungsiPengolahan data

5

žContoh: updating bank statement

Struktur Komputer – Top Level

6

Struktur CPU

7

KOMPUTER MESIN 6 LEVEL

8

  • žLevel 0 dari mesin tersebut merupakan level logika digital, dimana berisi logika-logika yang diwujudkan dalam bentuk logika gerbang. Level inilah yang merupakan hardware sesungguhnya dari sebuah mesin. Logika digital dibentuk dalam suatu komponen analog seperti misalnya transistor dan sebagainya.
  • žLevel 1 merupakan level arsitektur mikro. Pada level ini terdapat rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut dengan Arithmetic Logic Unit (ALU) yang terdiri dari sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi logika aritmatika sederhana. Pada level ini juga terdapat program yang mengendalikan beberapa operasi di dalamnya yang disebut dengan nama program mikro. Disamping sebagai pengendali, program mikro ini juga berfungsi sebagai interpreter atau penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di atasnya.
  • žLevel 2 disebut juga sebagai level arsitektur perangkat instruksi. Biasa disebut juga level ISA (Instruction Set Architecture). Level ini berisikan instruksi-instruksi dasar sebuah mesin seperti yang biasanya terdapat pada manual book dari produk-produk komponen komputer yang dikeluarkan oleh pabrik.
  • žLevel 3 merupakan level mesin sistem operasi. Level ini merupakan level pengaturan mesin yang dilakukan oleh sebuah perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi. Artinya adalah bahwa pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh mesin diinterpretasikan secara parsial oleh sistem operasi.
  • Level 4 merupakan level bahasa rakitan. Jika pada level 0 sampai dengan level 3 implementasinya dikerjakan oleh programmer sistem, mulai level 4 pekerjaan dapat dilakukan oleh programer aplikasi
  • žLevel 5 merupakan level bahasa tingkat tinggi. Pada level ini, programer yang ingin memberikan instruksi pada komputer tidak perlu susah-susah belajar bahasa mesin karena bahasa yang dipakai adalah bahasa tinggi yang lebih mudah dipahami oleh manusia

Sumber : http://susila-besmart.blogspot.co.id/2012/03/kumpulan-materi-kuliah-organisasi-dan.html

Posted on November 2, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment