Etika menulis di Internet

Di era globalisasi ini, internet merupakan suatu sarana untuk terhubung antara satu dengan lainnya, dan menjadi hal yang penting karena suatu disana kita dapat melakukan mulai dari mencari informasi, terhubung dengan orang lain melalui media sosial, dan banyak hal. Tentu pada saat kita berkomentar akan sesuatu di internet menjadikan kita sebagai orang yang seperti apa yang akan tercitra. Tidak hanya di dunia nyata yang punya etika, di dunia internet pun kita harus punya etika dalam segala hal. Berikut etika menulis di internet dengan baik :

  1. Jangan memakai kata-kata yang kasar dan menyinggung

Tidak hanya di dunia nyata yang harus melakukan seperti ini, di dunia internet pun kita harus tau penggunaan kata-kata yang baik dan benar, sebab kita tidak tau emosi seseorang di internet seperti apa, sebab apabila kita sedang becanda pun, orang lain tidak tau, dan akan meyebabkan salah paham terhadap suatu komentar/pesan .

2.  Hindari penggunaan kata kapital

Ini banyak terjadi, apabila kita berkomentar sesuatu di internet dengan seperti ini, seolah-olah kita itu sedang berbicara teriak/ terkesan sedang marah-marah.

3.  Re-cek informasi / berita yang kita terima

Banyak informasi/ berita yang kita akan dapatkan di dunia internet, dan itu tidak menuntut kemungkinan berita tersebut hoax/berbohong, artinya ada pihak oknum yang sengaja berbuat seperti itu, jadi pastikan sebelum kita menerima informasi tersebut perlu di cek dari beberapa sumber agar berita tersebut memang benar seperti itu.

4.  Think before posting

Ini menjadi hal yang penting karena setiap komentar / update status tersebut orang lain bisa melihatnya juga, cek apakah komentar kita menyinggung orang lain, agama, institusi karena sudah ada undang-undang yang mengatur, dan kalo sampai terjadi akan mendapat  hukuman dari pihak berwajib

Posted on September 27, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment